Minggu, 23 Desember 2012

LANGKAH-LANGKAH MIKRO TEACHING YANG BAIK


Penjelasan dari Kegiatan Pembuka, Isi, dan Penutup yang dapat guru lakukan agar lebih konkret dan dapat lebih mudah di pahami  oleh siswa yaitu :
Kegiatan Pembuka :
Langkah 1 : Mengucapkan salam
sebelum masuk ke kelas guru hendaknya teah menyiapkan materi ajar yang akan di berikan kepada siswa. Ketika guru masuk ke kelas maka guru harus memberikan salam dan senyuman hangat serta tanyakan kondisi siswa agar dapat membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa. Hal ini dilakukan untuk memberi semangat secara emosional kepada siswa.
Langkah 2 : Memberikan  motivasi terhadap materi ajar
“Siapa yang tidak suka pelajaran Matematika ?”. siswa menunjuk tangan pertanda ia tidak suka matematika. Guru dapat mengatakan “saya dahulunya sangat tidak suka matematika, ibu (Guru) selalu selalu menjauhi pelajaran matematika, namun ibu (Guru) menyadari semakin ibu (Guru) menjauhi pelajaran matekatika nilai ibu (Guru) semakin buruk. Apalagi pelajaran matematika selalu diajarkan sampai perguruan tinggi. Pada saat ibu(guru) menyadarinya ibu (guru) berusaha untuk mngenal matematika lebih baik walaupun diawal sangat sulit”. Belajar Matematika perlu kesabaran dan ketelian dalam memecahkan dan menyelesaikan soal. Jadi untuk dapat menguasai matemtika anak inu (Guru) harus sabar dan mempunyai untuk menguasainya. memberikan motivasi ini  kepada siswa dapat meningkatkan niat siswa terhadap matematika.
Langkah 3 : Mengaitkan pengalaman siswa dengan materi ajar
Siapa yang ingin mejadi arsitektur dan bagian Teknik Sipil ?” tanya ibu (Guru) kepada siswa-siswinya. Bagi anak-anak ibu yang ingin menjadi arsitektur tidak hanya mahir dalam menggambar namun juga harus mahir dalam matematika terutama dalam hal teori trigonometri dan aplikasinya. Teknik sipil juga sangat membutuhkan ilmu trigonometri agar dapat menghitung bangunan dengan tepa. Mengaitkan pengalaman siswa dengan materi ajar. Hal ini dilakukan agar siswa dapat berfikir dengan lebih nyata terhadap materi yang akan dikuasainya. Materi yang akan diajarkan adalah operasi hitung bentuk aljabar.

Langkah 4: Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa
“Sudah dibaca bukunya anak-anak ibu (guru) sekalian ?. Pelajaran yang harus dikuasai untuk hari ini yaitu harus tau bagian-bagian dari segitiga. Dimana setiap sisi dari segitiga merupakan bagian dari trigonometri. Trigonometri erat kaitannya dengan sinus, cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen. Yang kita nahas pada hari ini merupakan dasar dari Trigonometri sebagai pengingat anak-anak ibu.  Jika siswa membuat keributan da menggangu teman sebangkunya maka guru dapat menanyakan kepada siswa yang membuat keribuatan secara pribadi dengan mendatangi ke bangku siswa. Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa.
Kegiatan Inti :
Langkah 1 : Memperkenalkan segitiga
untuk me-refresh ingatan anak ibu diwaktu SMP. “masih ingat dengan segitiga” ? ada yang bisa jawab anak-anak ibu sekalian ? siswa menjawab “ Segitiga merupakan banguna yang terdiri dari tiga sisi dan tiga sudut ibu (guru)” jawab salah satu siswa. Guru memberi umpan balik terhadap siswa. “apakh hal itu benar anak-anak ibu (Guru) ?”. siswa menjawab “iya buk”. Tepuk tangan dulu buat teman kita yang sudah menjawab dengan benar (memberi penguatan dan rewerd).
Langakah 2 : Mengajak siswa untuk menentukan sisi samping, depan, dan sisi miring
guru mulai menerangkan. Segitiga mempunya sisi seperti terlihat di gambar :
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTwqfzhpcWILYFTwwhXnTMLhnf7JpDRTGZmavKobdL5uWnwq_p2
Sisi AC merupakan sisi miring
Sisi AB merupakan sisi samping
Sisi BC merupakan sisi depan
Segitiga memiliki sudut yaitu : A, B, dan C
Ada yang perlu ditanyakan lagi anak=anak ibu (Guru) sekalian ?
Langkah 3 : Memperkenalkan kepada siswa apa yang dimaksud dengan trigonometri
“anak-anak ibu (guru) apakah ada yang tahu mengenai Trigonometri ? Trigonometri {dari bahasa Yunani, Trigonon dan Metro} Trigonon sendiri memiliki arti Tiga Sudut dan Metro berarti mengukur. Dari kedua arti tersebut Trigonometri sendiri adalah sebuah cabang Matematika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan mempunyai tiga fungsi yaitu Sinus, Cosinus, dan Tangen. Trigonometri adalah bagian dari suatu Geometri. “jadi anak-anak ibu dalam trigonometri kita akan membahas mengenai sudut. Namun pada hari ini kita akan membahas syarat-sayarat dalam mepelajari trigonometri ini.
Langkah 4 : Mengajak siswa untuk menentukan letak sinus, cosinus, sekan, cosekan, tangen, dan kotangen
di dalam Trigonometri terdapat sinus, cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen.untuk dapat menentukan nilai dan letaknya maka yang harus naka-anak ibu ketahui adalah :
Langkah 5 : Mengajak siswa untuk menentukan nilai dari sinus, cosinus, sekan, cosekan, tangen, dan kotangen
guru mengajak siswa untuk menentukan contoh soal yang diberikan soal dapat dikerjakan oleh guru namun tetap harus mengajak siswa aktif untuk menjawab. “ibu kasih contoh soal dan ibu berikan kamu gambar segitiga sebagai berikut :
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQFjWARxHbZmkrZ--VE7PXB2uy7gbWj1CZAlIjNi-4YKtBiooF7 ketentuan nilai a = 6  : b = 8 :  c = 10
Maka kita dapat menyelesaikan soalnya dengan ketentuan dan aturan yang telah ibu (guru) jelaskan :
“apakah anak ibu sudah paham terhadap materi ini?”

Langkah 6 : Mengajak siswa untuk melakukan contoh soal 1
untuk menguji anak – anak ibu apakah sudah paham atau tidak maka ibu akan beri 1 soal yang akan di jawab oleh salah satu teman kamu.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRN7Bz46jAbrbWzWtImGKviWw7A8XoSQ9CuZyeqOfFC4pMGxQrodi berikan nilai sisi AB= 7 : AC= 8 : BC = 10 maka tentukanlah , cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen :
Langkah 7 : Menunjuk satu siswa untuk menjawab contoh soal 2
 coba “Andi” perikasa apakah yang dijawab oleh “Santo” benar ?? Andi menjawab : Benar bu (guru). “coba anak-anak yang lain, sudah benar ??” Ibu (guru) memberi umpan baik. “sudah benar ibu (guru).
Langkah 8 : “ apakah anak-anak ibu (Guru) sudah paham semua ?” atau ada yang perlu ditanya kembali ?. jika guru menemukan siswa yang bermain pada proses pembelajaran maka guru dapat tanya kepada siswa tersebut apakah ia paham atau tidak terhadap materi ajar yang diberikan. Hal ini dilakukan agar siswa yang membuat ribut tersebut menjadi malu untuk berbuat keribut lagi. Memberikan kesempatan bertanya kepada siswa agar materi pelajaran benar-benar dapat dipahami oleh siswa.



Kegiatan Penutup :
Langkah 1 : Memberikan kesimpulan materi ajar
“siapakah dari anak-anak ibu yang dapat menyimpulkan materi ajar kita hari ini”? lalu peserta didik 1 menunjuk tangan. “ya, silahkan beri tahu ibu (guru) dan teman-teman kesimpulan kita belajar hari ini”. “hari ini pelajaran kita mengenai Trigonometri untuk Jumlah dan Selisih Dua Sudut.
. Hal yang perlu diingat dalam mempelajari ini adalah bahwa dalam menentukan cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen harus ingat aturan-ataruran trigonometri. Maka guru dapat bertanya kembali kepada peserta didik yang lain “pakah benar yang dikatakan oleh teman kita naka-anak?”. Peserta didik yang lain “ya buk “. Maka guru berkata “ beri tepuk tangan” ..
Langkah 2 : Memberikan tugas rumah
karena anak-anak ibu (guru) paham semua maka anak-anak dapat mengerjakan tugas sebagai pekerjaan rumah (PR) di buku paket halaman 39 bagian A, B, dan C. Besok kita periksa bersama dan ibu (guru) masukkan ke daftar nilai sebagai nilai PR.
Langkah 3: Mengucapkan salam.
“ bel sudah berbunyi maka pertanda berakhir pelajaran matematika kita hari ini. Untuk itu ibuu ucapakan terimah kasih atas perhatian anak-anak ibu sekalian. Jangan lupa kerjakan PR nya karena PR nya akan ibu masukkan ke daftar nilai dan baca buku paketnya halaman 38 mengenai perkalian dan pembagian dalam bentuk aljabar yang akan kita bahas untuk minggu depan. Sebagai akhir dari pelajaran kita ini ibu ucapakn Assalamuaikum,.

4 komentar: