Minggu, 23 Desember 2012

MENERAPKAN MICRO TEACHING UNTUK SISWA SMP AGAR ANAK LEBIH PAHAM PADA PELAJARAN MATEMATIKA


Langkah 1 : Mengucapkan salam
sebelum masuk ke kelas guru hendaknya teah menyiapkan materi ajar yang akan di berikan kepada siswa. Ketika guru masuk ke kelas maka guru harus memberikan salam dan senyuman hangat serta tanyakan kondisi siswa agar dapat membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa. Hal ini dilakukan untuk memberi semangat secara emosional kepada siswa.
Langkah 2 : Memberikan  motivasi terhadap materi ajar
“Siapa yang tidak suka pelajaran Matematika ?”. siswa menunjuk tangan pertanda ia tidak suka matematika. Guru dapat mengatakan “saya dahulunya sangat tidak suka matematika, ibu (Guru) selalu selalu menjauhi pelajaran matematika, namun ibu (Guru) menyadari semakin ibu (Guru) menjauhi pelajaran matekatika nilai ibu (Guru) semakin buruk. Apalagi pelajaran matematika selalu diajarkan sampai perguruan tinggi. Pada saat ibu(guru) menyadarinya ibu (guru) berusaha untuk mngenal matematika lebih baik walaupun diawal sangat sulit”. Belajar Matematika perlu kesabaran dan ketelian dalam memecahkan dan menyelesaikan soal. Jadi untuk dapat menguasai matemtika anak inu (Guru) harus sabar dan mempunyai untuk menguasainya. memberikan motivasi ini  kepada siswa dapat meningkatkan niat siswa terhadap matematika.
Langkah 3 : Mengaitkan pengalaman siswa dengan materi ajar
 “ Anak-anak ibu pernah tidak menghitung benda yang berlainan jenis ?” Misalnya seperti menghitung 5 anak kambing dengan 7 buah mobil ?”. atau anak-anak apakah pernah menghitung 5 ekor kucing dengan 3 ekor kucing ?”. pengalaman-pengalaman anak-anak ibu ini akan kita bahas secara matematika agar matematika lebih mudah dipahami oleh anak-anak ibu(Guru) sekalian. Mengaitkan pengalaman siswa dengan materi ajar. Hal ini dilakukan agar siswa dapat berfikir dengan lebih nyata terhadap materi yang akan dikuasainya. Materi yang akan diajarkan adalah operasi hitung bentuk aljabar.

Langkah 4: Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa
“Sudah dibaca bukunya anak-anak ibu (guru) sekalian ?. Pelajaran yang harus dikuasai untuk hari ini yaitu menjumlahkan dan mengurangkan 2 variabel dalam bentuk aljabar. Untuk materi besok jangan lupa baca bukunya mengenai perkalian dan pembagian 2 variabel dalam bentuk aljabar ya anak-anak ibu (Guru)”. Guru harus dapat membuat siswa aktif pada kegiatan pembuka, karena kegiatan pembuka akan memberikan pengaruh dalam kegiatan inti. Jika siswa membuat keributan da menggangu teman sebangkunya maka guru dapat menanyakan kepada siswa yang mmbuat keribuatan secara pribadi dengan mendatangi ke bangku siswa. Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa.

1.        Kegiatan Inti :
Langkah 1: Memperkenalkan variabel x dan y terhadap siswa
 “anak-anak ibu (guru) tahu tidak maksud dari variabel?”. (lemparkan pertanyaan ini kepada siswa agar siswa ikut aktif dan berperan langsung terhadap materi ajar). Anak didik pun menjawab “ saya tahu ibu (guru)” variabel adalah faktor bilangan dari suatu suku (peserta didik memberikan jawaban salah). Jika peserta didik menjawab pertanyaan dengan jawaban yang salah maka guru tidak boleh mengatakan salah kepada siswa, karena hal itu akan membuat siswa menjadi malu. Guru tetap harus memberikan penguatan dan motivasi agar siswa semakin tertarik terhadap masalah yang diberikan gurunya. Setelah beberapa siswa memberikan jawaban mereka maka guru dapat menyimpulkan ataupun memperbaiki serta memberi jawaban yang benar. Memperkenalkan variabel x dan y terhadap siswa sekaligus mengikut sertakan pikiran, emosi dan jiwa siswa dalam memberikan jawaban meraka.
Langkah 2 : Mengajak siswa untuk melakukan penjumlahan terhadap variabel x dan y (dilakukan secara bersamaa)
“siapa yang dapat menjumlahkan 5 ekor sapi dengan 3 ekor kambing ? peserta didik 1 menjawab “8 ekor sapi ibu (guru) (ini merupakan jawaban salah). Peserta didik 2 menjawab “8 ekor kambing ibu (guru) ( ini merupakan jawaban salah). Peserta didik 3 menjawab “ 5 ekor sapi dan 3 ekor kambing ibu (guru) (ini merupakan jawaban yang benar). Mengajak siswa untuk melakukan penjumlahan terhadap variabel x dan y dilakukan secara bersamaan. Untuk jawaban anak-anak yang menjawab salah maka ibu (guru) dapat menerangkan arti dari sapi dan kambing. Kambing dan sapi adalah jenis hewan yang berbeda, sehingga tidak dapat dijumlahkan. Dapat ibu (guru) umpamakan jika kambing = x dan jika sapi = y .. sehingga x dan y merupakan variabel yang berbeda jenis. Namun jika ibu (guru) katakan jika 5 ekor sapi ditambah dengan 3 ekor sapi maka hasilnya ada 8 ekor sapi. Hal ini dikarenakan sapi = y maka 5y + 3y = 8y. Dan jika dikatakan 5 ekor kambing ditambah 3 ekor kambing maka hasilnya yang diperoleh 8 ekor kambing. Hal ini dikarenakan kambing = x maka 5x + 3x = 8x. Hal ini berlaku untuk semua benda-benda. Hanya benda yang sejenis dapat dijumlahkan.
Langkah 3 : Mengajak siswa untuk melakukan pengurangan terhadap variabel x dan y (dilakukan secara bersamaan)
“siapa yang bisa menyelesaikan 7x – 4x ??”. beri kesempatan kepada siswa untuk menjawab dan maju ke depan untuk menuliskan jawaban di papan tulis beserta alasannya. Jika salah satu siswa menjawab dengan jawaban 5x (merupakan jawaban salah). Maka guru dapat menjelaskan jawaban yang benarnya. “dengarnya anak-anak ibu (guru) semua .. 7x dan 4x merupakan sejenis. Sama-sama memiliki variabel x. Sehingga 7 dan 4 tinggal dikurangkan menjadi 3x. Artinya kalau ada 7 kambing dikurangkan dengan 3 kambing maka sisa kambing tinggal 3 kambing. “Bisa anak-anak’?. Bagi siswa yang menjawab salah guru dapat memberi motivasi kembali atau memberi penguatan berupa tepuk tangan atas keberaniaa dan niatnya untuk menjawab soal yang diberikan. Mengajak siswa untuk melakukan pengurangan terhadap variabel x dan y (dilakukan secara bersamaan)
Langkah 4 : Menunjuk beberapa orang siswa untuk memeriksa jawaban temannya dilakukan secara bersamaan, lalu beri penguatan kepada siswa
“ibu (guru) punya soal siapa yang bisa jawab pertanyaan ini dengan benar beserta alasannya ibu kasih 5 point untuk nilai quiz, bagi yang menjawab dengan alasan namun jawabannya salah ibu kasih 2 point”.
Soal :
a)      4x + 5x                        =
b)      5y + 7x – 3y    =
c)      8x – 3y + 5x    =

Tunjukkalah beberapa orang siswa untuk menjawab ke depan kelas. Untuk lebih mengetahui apakah siswa itu paham atau tidak, tunjuklah siswa berprestasi dan siswa yang kurang berprestasi. Berikan kesempatan pada siswa untuk menjawab dan memberikan alasan mereka. Untuk memeriksa jawaban dari  beberapa siswa tersebut tunjuklah siswa lain untuk memeriksa jawaban temannya. Pada kesempatan ini guru akan mengetahui lebih konkret atas hasil dari penjelasannya. Apakah siswa paham atau tidak atas materi ajar yang disajikan.
Langkah 5 : Mengajak seluruh siswa melakukan diskusi bersama apa makna dari jawaban materi ajar (suku banyak) tersebut
Setelah siswa memberikan jawabnnya dan telah dibahas secara bersama-sama atas jawaban tersebut. Maka ibu (guru) Mengajak seluruh siswa mencari  bersama apa makna jawaban dari soal tersebut. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih nyata/konkret dalam memperlajari matematika dalam kehidupannya. “Siapa anak-anak ibu(guru) yang tahu tentang arti jawaban tersebut ? peserta didik 1 menjawab (untuk soal no.1) 4x + 5x artinya jika kita punya 4 kambing lalu ditambah 5 kambing lagi maka akan menjadi 9 kambing. x sebagai kambing merupakan variabel yang sejenis terhadap x.  Peserta didik 2 menjawab (untuk soal no.2) 5y + 7x – 3y = 9y ibu (guru) (ini merupakan jawaban salah). Ketika siswa memberikan jawaban salah maka guru melempar kembali kepada peserta didik yang lain agar peserta didik yang lain juga ikut berperan aktif terhadap pembelajaran ini. Ketika semua jawab telah diberikan oleh siswa maka guru menerangkan kembali jawaban tersebut dan meluruskan jawaban yang dianggap  kurang tepat.


Langkah 6 : Memberikan kesempatan bertanya kepada siswa
“ apakah anak-anak ibu (Guru) sudah paham semua ?” atau ada yang perlu ditanya kembali ?. jika guru menemukan siswa yang bermain pada proses pembelajaran maka guru dapat tanya kepada siswa tersebut apakah ia paham atau tidak terhadap materi ajar yang diberikan. Hal ini dilakukan agar siswa yang membuat ribut tersebut menjadi malu untuk berbuat keribut lagi. Memberikan kesempatan bertanya kepada siswa agar materi pelajaran benar-benar dapat dipahami oleh siswa.
2.      Kegiatan Penutup :
Langkah 1 : Memberikan kesimpulan materi ajar
“siapakah dari anak-anak ibu yang dapat menyimpulkan materi ajar kita hari ini”? lalu peserta didik 1 menunjuk tangan. “ya, silahkan beri tahu ibu (guru) dan teman-teman kesimpulan kita belajar hari ini”. “hari ini pelajaran kita mengenai penjumlahan dan pengurangan dalam aljarabar. Hal yang perlu diingat dalam mempelajari ini adalah bahwa yang variabelnya sama yang boleh dijumlahkan dan dikurangkan. Maka guru dapat bertanya kembali kepada peserta didik yang lain “pakah benar yang dikatakan oleh teman kita naka-anak?”. Peserta didik yang lain “ya buk “. Maka guru berkata “ beri tepuk tangan” ..
Langkah 2 : Memberikan soal dalam bentuk tertulis
“ ibu (guru) punya soal anak-anak kerjakan ya
a)      8x + 5x + 6x               =
b)      7x + 7y + 2x + y          =
c)      5x + x + y +10 y          =
d)      4a + 6b + a + b            =
e)      6b + 3c + 4a + 7b         =
Kerjakan ya anak-anak ibu sekalian, ibu kasih waktu 15 menit. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan kembali.
Langkah 3 : Memberikan tugas rumah
karena anak-anak ibu (guru) paham semua maka anak-anak dapat mengerjakan tugas sebagai pekerjaan rumah (PR) di buku paket halaman 35 bagian A, B, dan C. Besok kita periksa bersama dan ibu (guru) masukkan ke daftar nilai sebagai nilai PR.
Langkah 4: Mengucapkan salam.
“ bel sudah berbunyi maka pertanda berakhir pelajaran matematika kita hari ini. Untuk itu ibuu ucapakan terimah kasih atas perhatian anak-anak ibu sekalian. Jangan lupa kerjakan PR nya karena PR nya akan ibu masukkan ke daftar nilai dan baca buku paketnya halaman 38 mengenai perkalian dan pembagian dalam bentuk aljabar yang akan kita bahas untuk minggu depan. Sebagai akhir dari pelajaran kita ini ibu ucapakn Assalamuaikum,.
Cara menjelaskan soal kepada anak :
Guru memberikan 1 soal mengenai penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk aljabar :
7x + 7y + 2x – y
Perkiraan jawaban peserta didik 1 :
·      Variabel sejenis didekatkan : 7x + 2x + 7y – y = 9x + 6y
Perkiraan jawaban peserta didik 2 :
·      Variabel yang terdapat dalam soal matematika ada 2 maka variabel dapat dipisahkan : 7x + 2x = 9x dan 7y – y = 6y maka jawabannya 9x + 6y
Perkiraan jawaban peserta didik yang ke 3 :
·      Semua variabel dianggap sama : 7x + 2x + 7y – y = 15 x dan y

Solusi yang dapat diberikan oleh guru terhadap peserta didik yang kurang mengerti ataupun yang memberikan jawaban yang salah. Maka guru dapat memberi penjelasan ulang terhadap materi ajar se-konkret mungkin agar ia dapat memahami konsep matematika dalam kehidupannya.
Langkah 1 : perkenalkan “x” dan “y” pada soal sebagai sebuah benda yang ada di sekelilingnya. Misalnya x = meja dan y = kursi.
Langkah 2 : berikan penjelasan kepada siswa bahwa
7x + 7y + 2x – y =
7 (meja) + 2 (kursi) + 2 (meja) – kursi =
Untuk lebih memudahkan pemahaman siswa maka dekatkan benda-benda yang sesama jenis kursi dekat dengan kursi dan meja dekat dengan meja. Maka ,
7x + 7y + 2x – y =
7 (meja) + 2 (kursi) + 2 (meja) – kursi =
7x + 2x + 7y – y =
7 (meja) + 2 (meja) + 2 (kursi) – kursi =
9x + 6y =
9 (meja) + 6 (kursi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar