Langkah 1 : Mengucapkan salam
sebelum masuk ke kelas guru hendaknya teah menyiapkan materi ajar yang akan
di berikan kepada siswa. Ketika guru masuk ke kelas maka guru harus memberikan
salam dan senyuman hangat serta tanyakan kondisi siswa agar dapat membangun
hubungan yang baik antara guru dan siswa. Hal ini dilakukan untuk memberi
semangat secara emosional kepada siswa.
Langkah 2 : Memberikan motivasi terhadap
materi ajar
“Siapa yang tidak suka pelajaran Matematika ?”. siswa menunjuk tangan
pertanda ia tidak suka matematika. Guru dapat mengatakan “saya dahulunya sangat
tidak suka matematika, ibu (Guru) selalu selalu menjauhi pelajaran matematika,
namun ibu (Guru) menyadari semakin ibu (Guru) menjauhi pelajaran matekatika
nilai ibu (Guru) semakin buruk. Apalagi pelajaran matematika selalu diajarkan
sampai perguruan tinggi. Pada saat ibu(guru) menyadarinya ibu (guru) berusaha
untuk mngenal matematika lebih baik walaupun diawal sangat sulit”. Belajar
Matematika perlu kesabaran dan ketelian dalam memecahkan dan menyelesaikan
soal. Jadi untuk dapat menguasai matemtika anak inu (Guru) harus sabar dan
mempunyai untuk menguasainya. memberikan motivasi ini kepada siswa dapat meningkatkan niat siswa
terhadap matematika.
Langkah 3 : Mengaitkan pengalaman siswa dengan materi ajar
“
Anak-anak ibu pernah tidak menghitung benda yang berlainan jenis ?” Misalnya
seperti menghitung 5 anak kambing dengan 7 buah mobil ?”. atau anak-anak apakah
pernah menghitung 5 ekor kucing dengan 3 ekor kucing ?”. pengalaman-pengalaman
anak-anak ibu ini akan kita bahas secara matematika agar matematika lebih mudah
dipahami oleh anak-anak ibu(Guru) sekalian. Mengaitkan pengalaman siswa dengan
materi ajar. Hal ini dilakukan agar siswa dapat berfikir dengan lebih nyata
terhadap materi yang akan dikuasainya. Materi yang akan diajarkan adalah
operasi hitung bentuk aljabar.
Langkah 4: Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa
“Sudah dibaca bukunya anak-anak ibu (guru) sekalian ?. Pelajaran yang harus
dikuasai untuk hari ini yaitu menjumlahkan dan mengurangkan 2 variabel dalam
bentuk aljabar. Untuk materi besok jangan lupa baca bukunya mengenai perkalian
dan pembagian 2 variabel dalam bentuk aljabar ya anak-anak ibu (Guru)”. Guru
harus dapat membuat siswa aktif pada kegiatan pembuka, karena kegiatan pembuka
akan memberikan pengaruh dalam kegiatan inti. Jika siswa membuat keributan da
menggangu teman sebangkunya maka guru dapat menanyakan kepada siswa yang mmbuat
keribuatan secara pribadi dengan mendatangi ke bangku siswa. Memberi acuan /
batasan materi yang harus dipahami siswa.
1.
Kegiatan Inti :
Langkah 1: Memperkenalkan variabel x dan y terhadap siswa
“anak-anak ibu (guru) tahu tidak
maksud dari variabel?”. (lemparkan pertanyaan ini kepada siswa agar siswa ikut
aktif dan berperan langsung terhadap materi ajar). Anak didik pun menjawab “
saya tahu ibu (guru)” variabel adalah faktor bilangan dari suatu suku (peserta
didik memberikan jawaban salah). Jika peserta didik menjawab pertanyaan dengan
jawaban yang salah maka guru tidak boleh mengatakan salah kepada siswa, karena
hal itu akan membuat siswa menjadi malu. Guru tetap harus memberikan penguatan
dan motivasi agar siswa semakin tertarik terhadap masalah yang diberikan
gurunya. Setelah beberapa siswa memberikan jawaban mereka maka guru dapat
menyimpulkan ataupun memperbaiki serta memberi jawaban yang benar.
Memperkenalkan variabel x dan y terhadap siswa sekaligus mengikut sertakan
pikiran, emosi dan jiwa siswa dalam memberikan jawaban meraka.
Langkah 2 : Mengajak siswa untuk melakukan penjumlahan terhadap variabel x dan
y (dilakukan secara bersamaa)
“siapa yang dapat menjumlahkan 5 ekor sapi dengan 3 ekor kambing ? peserta
didik 1 menjawab “8 ekor sapi ibu (guru) (ini merupakan jawaban salah). Peserta
didik 2 menjawab “8 ekor kambing ibu (guru) ( ini merupakan jawaban salah).
Peserta didik 3 menjawab “ 5 ekor sapi dan 3 ekor kambing ibu (guru) (ini
merupakan jawaban yang benar). Mengajak siswa untuk melakukan penjumlahan
terhadap variabel x dan y dilakukan secara bersamaan. Untuk jawaban anak-anak
yang menjawab salah maka ibu (guru) dapat menerangkan arti dari sapi dan
kambing. Kambing dan sapi adalah jenis hewan yang berbeda, sehingga tidak dapat
dijumlahkan. Dapat ibu (guru) umpamakan jika kambing = x dan jika sapi = y ..
sehingga x dan y merupakan variabel yang berbeda jenis. Namun jika ibu (guru)
katakan jika 5 ekor sapi ditambah dengan 3 ekor sapi maka hasilnya ada 8 ekor
sapi. Hal ini dikarenakan sapi = y maka 5y + 3y = 8y. Dan jika dikatakan 5 ekor
kambing ditambah 3 ekor kambing maka hasilnya yang diperoleh 8 ekor kambing.
Hal ini dikarenakan kambing = x maka 5x + 3x = 8x. Hal ini berlaku untuk semua
benda-benda. Hanya benda yang sejenis dapat dijumlahkan.
Langkah 3 : Mengajak siswa untuk melakukan pengurangan terhadap variabel x
dan y (dilakukan secara bersamaan)
“siapa yang bisa menyelesaikan 7x – 4x ??”. beri kesempatan kepada siswa
untuk menjawab dan maju ke depan untuk menuliskan jawaban di papan tulis
beserta alasannya. Jika salah satu siswa menjawab dengan jawaban 5x (merupakan
jawaban salah). Maka guru dapat menjelaskan jawaban yang benarnya. “dengarnya
anak-anak ibu (guru) semua .. 7x dan 4x merupakan sejenis. Sama-sama memiliki
variabel x. Sehingga 7 dan 4 tinggal dikurangkan menjadi 3x. Artinya kalau ada
7 kambing dikurangkan dengan 3 kambing maka sisa kambing tinggal 3 kambing.
“Bisa anak-anak’?. Bagi siswa yang menjawab salah guru dapat memberi motivasi
kembali atau memberi penguatan berupa tepuk tangan atas keberaniaa dan niatnya
untuk menjawab soal yang diberikan. Mengajak siswa untuk melakukan pengurangan
terhadap variabel x dan y (dilakukan secara bersamaan)
Langkah 4 : Menunjuk beberapa orang siswa untuk memeriksa jawaban temannya dilakukan secara
bersamaan, lalu beri penguatan kepada siswa
“ibu (guru) punya soal siapa yang bisa jawab pertanyaan ini dengan benar
beserta alasannya ibu kasih 5 point untuk nilai quiz, bagi yang menjawab dengan
alasan namun jawabannya salah ibu kasih 2 point”.
Soal :
a)
4x + 5x =
b)
5y + 7x – 3y =
c)
8x – 3y + 5x =
Tunjukkalah beberapa orang siswa untuk menjawab ke depan kelas. Untuk lebih
mengetahui apakah siswa itu paham atau tidak, tunjuklah siswa berprestasi dan
siswa yang kurang berprestasi. Berikan kesempatan pada siswa untuk menjawab dan
memberikan alasan mereka. Untuk memeriksa jawaban dari beberapa siswa tersebut tunjuklah siswa lain
untuk memeriksa jawaban temannya. Pada kesempatan ini guru akan mengetahui
lebih konkret atas hasil dari penjelasannya. Apakah siswa paham atau tidak atas
materi ajar yang disajikan.
Langkah 5 : Mengajak seluruh siswa melakukan diskusi bersama apa makna dari
jawaban materi ajar (suku banyak) tersebut
Setelah siswa memberikan jawabnnya dan telah dibahas secara bersama-sama
atas jawaban tersebut. Maka ibu (guru) Mengajak seluruh siswa mencari bersama apa makna jawaban dari soal tersebut. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih
nyata/konkret dalam memperlajari matematika dalam kehidupannya. “Siapa
anak-anak ibu(guru) yang tahu tentang arti jawaban tersebut ? peserta didik 1
menjawab (untuk soal no.1) 4x + 5x artinya jika kita punya 4 kambing lalu
ditambah 5 kambing lagi maka akan menjadi 9 kambing. x sebagai kambing
merupakan variabel yang sejenis terhadap x.
Peserta didik 2 menjawab (untuk soal no.2) 5y + 7x – 3y = 9y ibu (guru)
(ini merupakan jawaban salah). Ketika siswa memberikan jawaban salah maka guru
melempar kembali kepada peserta didik yang lain agar peserta didik yang lain
juga ikut berperan aktif terhadap pembelajaran ini. Ketika semua jawab telah
diberikan oleh siswa maka guru menerangkan kembali jawaban tersebut dan
meluruskan jawaban yang dianggap kurang
tepat.
Langkah 6 : Memberikan kesempatan bertanya kepada siswa
“ apakah anak-anak ibu (Guru) sudah paham semua ?” atau ada yang perlu
ditanya kembali ?. jika guru menemukan siswa yang bermain pada proses
pembelajaran maka guru dapat tanya kepada siswa tersebut apakah ia paham atau
tidak terhadap materi ajar yang diberikan. Hal ini dilakukan agar siswa yang
membuat ribut tersebut menjadi malu untuk berbuat keribut lagi. Memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa agar materi pelajaran benar-benar dapat
dipahami oleh siswa.
2.
Kegiatan Penutup :
Langkah 1 : Memberikan kesimpulan materi ajar
“siapakah dari anak-anak ibu yang dapat menyimpulkan materi ajar kita hari
ini”? lalu peserta didik 1 menunjuk tangan. “ya, silahkan beri tahu ibu (guru)
dan teman-teman kesimpulan kita belajar hari ini”. “hari ini pelajaran kita mengenai
penjumlahan dan pengurangan dalam aljarabar. Hal yang perlu diingat dalam
mempelajari ini adalah bahwa yang variabelnya sama yang boleh dijumlahkan dan
dikurangkan. Maka guru dapat bertanya kembali kepada peserta didik yang lain
“pakah benar yang dikatakan oleh teman kita naka-anak?”. Peserta didik yang
lain “ya buk “. Maka guru berkata “ beri tepuk tangan” ..
Langkah 2 : Memberikan soal dalam bentuk tertulis
“ ibu (guru) punya soal anak-anak kerjakan ya
a)
8x + 5x + 6x =
b)
7x + 7y + 2x + y =
c)
5x + x + y +10 y =
d)
4a + 6b + a + b =
e)
6b + 3c + 4a + 7b =
Kerjakan ya anak-anak ibu sekalian, ibu kasih waktu 15 menit. Jika ada yang
kurang paham dapat ditanyakan kembali.
Langkah 3 : Memberikan tugas rumah
karena anak-anak ibu (guru) paham semua maka anak-anak dapat mengerjakan
tugas sebagai pekerjaan rumah (PR) di buku paket halaman 35 bagian A, B, dan C.
Besok kita periksa bersama dan ibu (guru) masukkan ke daftar nilai sebagai
nilai PR.
Langkah 4: Mengucapkan salam.
“ bel sudah berbunyi maka pertanda berakhir pelajaran matematika kita hari
ini. Untuk itu ibuu ucapakan terimah kasih atas perhatian anak-anak ibu
sekalian. Jangan lupa kerjakan PR nya karena PR nya akan ibu masukkan ke daftar
nilai dan baca buku paketnya halaman 38 mengenai perkalian dan pembagian dalam
bentuk aljabar yang akan kita bahas untuk minggu depan. Sebagai akhir dari
pelajaran kita ini ibu ucapakn Assalamuaikum,.
Cara menjelaskan soal kepada anak :
Guru memberikan 1 soal mengenai penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk
aljabar :
7x + 7y + 2x – y
Perkiraan jawaban peserta didik 1 :
·
Variabel sejenis didekatkan : 7x + 2x + 7y – y = 9x + 6y
Perkiraan jawaban peserta didik 2 :
·
Variabel yang terdapat dalam soal matematika ada 2 maka variabel dapat
dipisahkan : 7x + 2x = 9x dan 7y – y = 6y maka jawabannya 9x + 6y
Perkiraan jawaban peserta didik yang ke 3 :
·
Semua variabel dianggap sama : 7x + 2x + 7y – y = 15 x dan y
Solusi yang dapat diberikan oleh guru terhadap peserta didik yang kurang
mengerti ataupun yang memberikan jawaban yang salah. Maka guru dapat memberi
penjelasan ulang terhadap materi ajar se-konkret mungkin agar ia dapat memahami
konsep matematika dalam kehidupannya.
Langkah 1 : perkenalkan “x” dan “y” pada soal sebagai
sebuah benda yang ada di sekelilingnya. Misalnya x = meja dan y = kursi.
Langkah 2 : berikan penjelasan kepada siswa bahwa
7x + 7y + 2x – y =
7 (meja) + 2 (kursi) + 2 (meja) – kursi =
Untuk lebih memudahkan pemahaman siswa maka dekatkan benda-benda yang
sesama jenis kursi dekat dengan kursi dan meja dekat dengan meja. Maka ,
7x + 7y + 2x – y =
7 (meja) + 2 (kursi) + 2 (meja) – kursi =
7x + 2x + 7y – y =
7 (meja) + 2 (meja) + 2 (kursi) – kursi =
9x + 6y =
9 (meja) + 6 (kursi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar